INSTRUMENT PENILAIAN SEKOLAH SEHAT
INSTRUMEN
KEGIATAN YANG DINILAI DALAM LOMBA SEKOLAH SEHAT:
A. RUANG KEPALA SEKOLAH
ITEM YANG DI NILAI |
SKOR |
NILAI YANG DIBERIKAN |
KETERANGAN |
|
1. |
Kebersihan dan
kerapihan ruangan |
1-10 |
Tidak ada debu, sarang
laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan. |
|
2. |
Ventilasi |
1-10 |
Luas ventilasi….
20% dari luas lantai atau pakai AC. |
|
3. |
Dinding |
1-10 |
Permukaan dinding
rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang. |
|
4. |
Lantai |
1-10 |
Lantai bersih,
mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari
bahan yang kuat. |
|
5. |
Pencahayaan |
1-10 |
Terang dengan bantuan
lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji
dengan menyalakan lampu. |
|
Jumlah A |
B. RUANG GURU
ITEM YANG DI NILAI |
SKOR |
NILAI YANG DIBERIKAN |
KETERANGAN |
|
1. |
Kebersihan dan
kerapihan ruangan |
1-10 |
Tidak ada debu, sarang
laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan. |
|
2. |
Ventilasi |
1-10 |
Luas ventilasi…. 20%
dari luas lantai atau pakai AC. |
|
3. |
Dinding |
1-10 |
Permukaan dinding
rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang. |
|
4. |
Lantai |
1-10 |
Lantai bersih,
mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari
bahan yang kuat. |
|
5. |
Pencahayaan |
1-10 |
Terang dengan bantuan
lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji
dengan menyalakan lampu. |
|
Jumlah B |
C. RUANG KELAS
ITEM YANG DI NILAI |
SKOR |
NILAI YANG DIBERIKAN |
KETERANGAN |
||
1. |
Kebersihan dan
kerapihan ruangan |
1-10 |
Tidak ada debu, sarang
laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan. |
||
2. |
Ventilasi |
1-10 |
Luas ventilasi…. 20%
dari luas lantai atau pakai AC. |
||
3. |
Dinding |
1-10 |
Permukaan dinding
rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang. |
||
4. |
Lantai |
1-10 |
Lantai bersih,
mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari
bahan yang kuat. |
||
5. |
Pencahayaan |
1-10 |
Terang dengan bantuan
lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji
dengan menyalakan lampu. |
||
6. |
Rasio tempat cuci
tangan |
1-10 |
1 kelas : 1 tempat
cuci tangan. |
||
7. |
Sarana cuci tangan
pakai sabun (CCPS) |
1-10 |
Tempat cuci ada di
luar kelas, air mengalir dengan baik, menggunakan gayung/kran, ada sabun dan
serbet/tissue. |
||
8. |
Jarak papan tulis
dengan kursi terdepan |
1-10 |
Semua kelas…. 2,5 m. |
||
9. |
Kepadatan ruang kelas |
1-10 |
Semua kelas…. 2,0 m2/siswa. |
||
10. |
Rasio tempat sampah
dengan jumlah kelas |
1-10 |
1 : 1 |
||
11. |
Tempat sampah |
1-10 |
Tertutup di setiap
kelas, terdapat di luar kelas ada pemilahan. |
||
Jumlah C |
|||||
D. RUANG PERPUSTAKAAN
ITEM YANG DI NILAI |
SKOR |
NILAI YANG DIBERIKAN |
KETERANGAN |
|
1. |
Kebersihan dan
kerapihan ruangan |
1-10 |
Tidak ada debu, sarang
laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan. |
|
2. |
Ventilasi |
1-10 |
Luas ventilasi…. 20%
dari luas lantai atau pakai AC. |
|
3. |
Dinding |
1-10 |
Permukaan dinding
rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang. |
|
4. |
Lantai |
1-10 |
Lantai bersih,
mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari
bahan yang kuat. |
|
5. |
Pencahayaan |
1-10 |
Terang dengan bantuan
lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji
dengan menyalakan lampu. |
|
6. |
Buku-buku tentang
kesehatan (selain buku pelajaran termasuk artikel dan majalah kesehatan) |
1-10 |
Minimal 10 judul buku. |
|
Jumlah D |
E. TEMPAT IBADAH
ITEM YANG DI NILAI |
SKOR |
NILAI YANG DIBERIKAN |
KETERANGAN |
|
1. |
Kebersihan dan
kerapihan ruangan |
1-10 |
Tidak ada debu, sarang
laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan. |
|
2. |
Ventilasi |
1-10 |
Luas ventilasi…. 20%
dari luas lantai atau pakai AC. |
|
3. |
Dinding |
1-10 |
Permukaan dinding
rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang. |
|
4. |
Lantai |
1-10 |
Lantai bersih,
mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari
bahan yang kuat. |
|
5. |
Pencahayaan |
1-10 |
Terang dengan bantuan
lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji
dengan menyalakan lampu. |
|
6. |
Sarana Ibadah |
1-10 |
Lantai/karpet, kita
suci dan perlengkapan ibadah, rak/ lemari/meja/kursi bersih tanpa debu. |
|
7. |
Tempat wudlu |
1-10 |
1 : 50 terpisah putra
dan putri. |
|
Jumlah E |
F. RUANG UKS
ITEM YANG DI NILAI |
SKOR |
NILAI YANG DIBERIKAN |
KETERANGAN |
||
1. |
Kebersihan dan
kerapihan ruangan |
1-10 |
Tidak ada debu, sarang
laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan. |
||
2. |
Ventilasi |
1-10 |
Luas ventilasi…. 20%
dari luas lantai atau pakai AC. |
||
3. |
Dinding |
1-10 |
Permukaan dinding
rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang. |
||
4. |
Lantai |
1-10 |
Lantai bersih,
mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari
bahan yang kuat. |
||
5. |
Pencahayaan |
1-10 |
Terang dengan bantuan
lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji
dengan menyalakan lampu. |
||
6. |
Tempat cuci tangan di
ruang UKS |
1-10 |
Menggunakan air
mengalir dengan sabun dan tissue/lap. |
||
7. |
Tempat Sampah |
1-10 |
Tertutup dan dipilah. |
||
8. |
Perlengkapan ruang UKS |
1-10 |
Luas ruang UKS 27 m2,
ada tempat tidur, alat ukur berat dan tinggi badan, termometer, moel rahang
dan sikat gigi, sarana pelayanan UKGS, snellen chart/Kartu E, lemari, senter,
air minum, sendok. |
||
9. |
Bahan dan obat-obatan
P3K |
1-10 |
Obat luar, kain kasa
steril, alkohol, plester kecil untuk luka, elastis verban, plester, verbal,
spalk, mitela/kain segitiga, gunting dan atiseptik. |
||
10. |
Obata-obatan P3P |
1-10 |
Obat turun panas/obat
pengurang rasa sakit, oralit, talk/bedak cair untuk gatal-gatal, obat maag,
obat gosok dan pembalut. |
||
11. |
Kartu/buku data
kegiatan UKS |
1-10 |
KMS AS/buku catatan
pengukuran BB/TB, data hasil pemeriksaan kesehatan, data rujukan kasus, data
harian dan bulanan, data kegiatan pembinaan UKS dan data penjaringan
kesehatan kelas I. |
||
12. |
Bagan struktur
organisasi |
1-10 |
Ada, ditempel di
dinding. |
||
13. |
Papan data kegiatan
pelaksanaan UKS |
1-10 |
Ada, ditempel di
dinding. |
||
14. |
Jumlah
program/kegiatan TP-UKS |
1-10 |
Minimal 5 kegiatan. |
||
15. |
Kerjasama TP UKS tahun
2012 |
1-10 |
TP-UKS bekerjasama
dengan komite sekolah, dinas/instansi terkait lainnya (selain SKB 4 menteri)
dan dunia usaha (selain industri rokok). |
||
16. |
Guru dan atau kepala
sekolah yang mengikuti pelatihan UKS |
1-10 |
Minimal 2 orang yang
telah ditatar/dilatih UKS. |
||
17. |
Pemanfaatan ruang dan
fasilitas UKS dalam 1 tahun terakhir |
1-10 |
UKS digunakan sebagai
sarana pelayanan dan pembelajaran. |
||
18. |
Buku-buku
pengetahuan/media pendidikan kesehatan |
1-10 |
Buku pedoman tentang
kesehatan, ponter/banner, leaflet/booklet dan lembar balik. |
||
Jumlah F |
|||||
G. FASILITAS SANITASI
ITEM YANG DI NILAI |
SKOR |
NILAI YANG DIBERIKAN |
KETERANGAN |
|
1. |
Air |
1-10 |
Sumber air bersih
dari sumur/PAM artetis/gali/ pompa tangan, kualitas dan kuantitas cukup. |
|
2. |
Jarak sumber air
bersih dari sumur peresapan/septic tank dan sumber pencemaran |
1-10 |
Minimal 10 m/PAM Sumber pencemaran : – Penampungan
limbah – penampungan
sampah |
|
3. |
Kondisi kualitas
fisik air |
1-10 |
Tidak berwarna,
berbau, dan berasa. |
|
4. |
Ketersedian air
bersih di sekolah |
1-10 |
Mencukupi untuk
seluruh keperluan sekolah. |
|
Jumlah G |
H. KAMAR MANDI, WC DAN PETURASAN
ITEM YANG DI NILAI |
SKOR |
NILAI YANG
DIBERIKAN |
KETERANGAN |
|
1. |
Kebersihan dan
kerapihan ruangan |
1-10 |
Tidak ada debu, sarang
laba-laba, dan sampah, tempat cuci tangan dan peralatan mandi lengkap dan
bersih. |
|
2. |
Ventilasi |
1-10 |
Luas ventilasi…. 20%
dari luas lantai atau pakai AC. |
|
3. |
Dinding |
1-10 |
Permukaan dinding
rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang. |
|
4. |
Lantai |
1-10 |
Lantai bersih,
mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari
bahan yang kuat. |
|
5. |
Pencahayaan |
1-10 |
Terang dengan bantuan
lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji
dengan menyalakan lampu. |
|
6. |
Bau kamar mandi/WC |
1-10 |
Semua KM/Wc tidak bau. |
|
7. |
Penampungan atau bak
air pada WC/KM |
1-10 |
Tidak ada jentik dan
seluruhnya bersih dan tidak berlumut. |
|
8. |
Saluran/tempat
penampungan kotoran |
1-10 |
Dialirkan ke septik
tank. |
|
9. |
WC |
1-10 |
Semua berfungsi |
|
10. |
Air pada WC/KM |
1-10 |
Seluruhnya mencukupi |
|
11. |
Jentik dilingkungan
sekolah (bak mandi, vas bunga,tempat minum burung, dispenser, ember, kaleng
bekas, dll) |
1-10 |
Tidak ada jentik |
|
12. |
Alat mengambil
air/gayung secara umum |
1-10 |
Ada, aman, bersih,
tidak membahayakan: tajam, barkarat, berlumut. |
|
13. |
Proporsi jumlah WC
terhadap siswa perempuan termasuk WC guru |
1-10 |
1 : 20 |
|
14. |
Proporsi jumlah
WC/Urinoir terhadap laki-laki |
1-10 |
1 : 20 |
|
15. |
Jumlah alat dan bahan
pembersih |
1-10 |
Ada 4 macam atau lebih
untuk seluruh keperluan WC/KM alat dan bahan pembersih : – Sikat lantai – Sapu lantai – Sabun – Disinfektan – Kamper – Sikat WC – Termasuk yang ada di
gudang |
|
Jumlah H |
I.
PELAKSANAAN TRIAS UKS
a. Pendidikan Kesehatan
ITEM YANG DINILAI |
SKOR |
NILAI YANG DIBERIKAN |
KETERANGAN |
|
a. |
Pendidikan Kesehatan
Reproduksi Remaja (KKR) dan pendidikan kesehatan lainnya |
1-10 |
Diberikan 8 materi Materi Pendidikan KKR – HIV AIDS, IMS, ISR – Haid, mimpi basah – Kehamilan, termasuk
KTD – Gizi remaja – Tumbuh kembang
remaja – Narkoba – P3K – Penyakit lainnya
(P3P) – PHBS |
|
b. |
Guru yang mengajar
pendidikan kesehatan |
1-10 |
Guru penjaskes/guru
BK/ dokter/lainnya. |
|
c. |
Pendidikan kesehatan
yang diberikan di sekolah |
1-10 |
Meliputi 16
indikator PHBS |
|
d. |
Peran serta siswa
dalam program UKS jenis kegiatan |
1-10 |
Penyuluhan,
penjaringan kesehatan/pemeriksaan kesehatan berkala, P3P dan P3K, pengawasan
kantin, pemberantasan sarang nyamuk, pemanfaatan kebun sekolah/apotik hidup. |
|
e. |
Pemantauan
kebugaran jasmani |
1-10 |
Ada kegiatan yang
mendukung kesehatan dan kebugaran siswa. |
|
f. |
Pendidikan
kesehatan terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan perilaku
beresiko (bahaya rokok dan narkoba, HIV AIDS, seks bebas, kesehatan
reproduksi, dll) |
1-10 |
Ada cukup banyak dan
aktif |
|
Jumlah I. 1. |
b.
Pelayanan Kesehatan
ITEM YANG DINILAI |
SKOR |
NILAI YANG DIBERIKAN |
KETERANGAN |
|
a. |
Penyuluhan
kesehatan satu tahun terakhir tahun 2012 |
1-10 |
Minimal 10 materi ditambah gigi mulut dan flu baru Catatan : Penyuluhan yang dilakukan oleh Puskesmas, BNK,
Komite Sekolah |
|
b. |
Keterampilan siswa
dalam penanganan P3K |
1-10 |
Diperagakan siswa
(penanganan) – Pingsan – Kecelakaan – Cedera patah tulang |
|
c. |
Keterampilan siswa
dalam penanganan P3P |
1-10 |
Diperagakan siswa
(penanganan) – Demam – Pusing – Muntah – Diare |
|
d. |
Kegiatan penjaringan
kesehatan dan pemeriksaan kesehatan berkala siswa a. Tidak ada b. Penjaringan
kesehatan c. Pemeriksaan
kesehatan berkala |
1-10 |
||
e. |
Kegiatan kader
kesehatan remaja termasuk PMR dan konselor sebaya |
1-10 |
Diskusi kelompok
tentang Kespro, narkoba, HIV AIDS, DBD, kesling, dll, pendidikan kecakapan
hidup sehat, majalah dinding/poster tentang kesehatan remaja. |
|
f. |
Siapa saja yang
terlibat/ mendukung dalam pelaksanaan BIAS (Bulan Imunisasi Anak) |
1-10 |
Petugas Puskesmas,
guru, orang tua/komite sekolah, kader kesehatan remaja. |
|
g. |
Apakah ada
pemberitahuan kepada murid dan orang tua dari sekolah tentang pelaksanaan
BIAS |
1-10 |
Edaran tertulis kepada
orang tua |
|
h. |
Pelaksanaan program
UKGS |
1-10 |
Penyuluhan
pemeliharaan kesehatan gigi, perawatan dan pembinaan. |
|
Jumlah I. 2. |
c. Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat
ITEM YANG DINILAI |
SKOR |
NILAI YANG DIBERIKAN |
KETERANGAN |
|
a. |
Halaman |
1-10 |
Tidak becek,
menjadi tempat bersarang dan berkembangbiaknya serangga /binatang, ada tempat
untuk upacara/olah raga/aula, tersedia saluran penuntasan air hujan yang
diserap ke dalam tanah atau dialirkan ke saluran umum, bersih. |
|
b. |
Tanaman perindang dan tanaman
hias |
1-10 |
Tanaman perindang
minimal 2, tanaman hias beragam minimal 10 jenis, tanaman hias tertata rapi,
tanaman tidak membahayakan. |
|
c. |
Kebun
sekolah/apotik hidup |
1-10 |
Terdapat beragam
minimal 7 jenis, tertata rapi, diberi label/nama, dan dimanfaatkan. |
|
d. |
Pagar |
1-10 |
Pagar terawatt dengan
baik, bersih, aman bagi warga sekolah, dan berfungsi sebagai pelindung. |
|
e. |
Penerapan kawasan
tanpa rokok di sekolah |
1-10 |
Ada himbauan tertulis/
pointer/stiker/spanduk, dan kebijakan dari kepala sekolah tentang rokok. |
|
f. |
Kegiatan pemberantasan
jentik dan sarang nyamuk |
1-10 |
PSN dilaksanakan
seminggu min 1 kali. |
|
g. |
Suasana lingkungan
sekolah, lokasi/letak sekolah |
1-10 |
Nyaman, asri, dan
teduh. |
|
Jumlah I. 3. |
Komentar
Posting Komentar