INSTRUMENT PENILAIAN SEKOLAH SEHAT

 

INSTRUMEN KEGIATAN YANG DINILAI DALAM LOMBA SEKOLAH SEHAT:

A. RUANG KEPALA SEKOLAH

ITEM YANG DI NILAI

SKOR

NILAI YANG DIBERIKAN

KETERANGAN

1.

Kebersihan dan kerapihan ruangan

1-10

Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan.

2.

Ventilasi

1-10

Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC.

3.

Dinding

1-10

Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang.

4.

Lantai

1-10

Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat.

5.

Pencahayaan

1-10

Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu.

Jumlah A

 

B. RUANG GURU

ITEM YANG DI NILAI

SKOR

NILAI YANG DIBERIKAN

KETERANGAN

1.

Kebersihan dan kerapihan ruangan

1-10

Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan.

2.

Ventilasi

1-10

Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC.

3.

Dinding

1-10

Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang.

4.

Lantai

1-10

Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat.

5.

Pencahayaan

1-10

Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu.

Jumlah B

 

 

 

 

 

 

C. RUANG KELAS

ITEM YANG DI NILAI

SKOR

NILAI YANG DIBERIKAN

KETERANGAN

1.

Kebersihan dan kerapihan ruangan

1-10

Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan.

2.

Ventilasi

1-10

Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC.

3.

Dinding

1-10

Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang.

4.

Lantai

1-10

Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat.

5.

Pencahayaan

1-10

Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu.

6.

Rasio tempat cuci tangan

1-10

1 kelas : 1 tempat cuci tangan.

7.

Sarana cuci tangan pakai sabun (CCPS)

1-10

Tempat cuci ada di luar kelas, air mengalir dengan baik, menggunakan gayung/kran, ada sabun dan serbet/tissue.

8.

Jarak papan tulis dengan kursi terdepan

1-10

Semua kelas…. 2,5 m.

9.

Kepadatan ruang kelas

1-10

Semua kelas…. 2,0 m2/siswa.

10.

Rasio tempat sampah dengan jumlah kelas

1-10

1 : 1

11.

Tempat sampah

1-10

Tertutup di setiap kelas, terdapat di luar kelas ada pemilahan.

Jumlah C

 


D. RUANG PERPUSTAKAAN

ITEM YANG DI NILAI

SKOR

NILAI YANG DIBERIKAN

KETERANGAN

1.

Kebersihan dan kerapihan ruangan

1-10

Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan.

2.

Ventilasi

1-10

Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC.

3.

Dinding

1-10

Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang.

4.

Lantai

1-10

Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat.

5.

Pencahayaan

1-10

Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu.

6.

Buku-buku tentang kesehatan (selain buku pelajaran termasuk artikel dan majalah kesehatan)

1-10

Minimal 10 judul buku.

Jumlah D

 

E. TEMPAT IBADAH

ITEM YANG DI NILAI

SKOR

NILAI YANG DIBERIKAN

KETERANGAN

1.

Kebersihan dan kerapihan ruangan

1-10

Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan.

2.

Ventilasi

1-10

Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC.

3.

Dinding

1-10

Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang.

4.

Lantai

1-10

Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat.

5.

Pencahayaan

1-10

Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu.

6.

Sarana Ibadah

1-10

Lantai/karpet, kita suci dan perlengkapan ibadah, rak/ lemari/meja/kursi bersih tanpa debu.

7.

Tempat wudlu

1-10

1 : 50 terpisah putra dan putri.

Jumlah E

 

 

 

 

 

 

F. RUANG UKS

ITEM YANG DI NILAI

SKOR

NILAI YANG DIBERIKAN

KETERANGAN

1.

Kebersihan dan kerapihan ruangan

1-10

Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, serta terlihat rapi dan menarik dalam penataan ruangan.

2.

Ventilasi

1-10

Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC.

3.

Dinding

1-10

Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang.

4.

Lantai

1-10

Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat.

5.

Pencahayaan

1-10

Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu.

6.

Tempat cuci tangan di ruang UKS

1-10

Menggunakan air mengalir dengan sabun dan tissue/lap.

7.

Tempat Sampah

1-10

Tertutup dan dipilah.

8.

Perlengkapan ruang UKS

1-10

Luas ruang UKS 27 m2, ada tempat tidur, alat ukur berat dan tinggi badan, termometer, moel rahang dan sikat gigi, sarana pelayanan UKGS, snellen chart/Kartu E, lemari, senter, air minum, sendok.

9.

Bahan dan obat-obatan P3K

1-10

Obat luar, kain kasa steril, alkohol, plester kecil untuk luka, elastis verban, plester, verbal, spalk, mitela/kain segitiga, gunting dan atiseptik.

10.

Obata-obatan P3P

1-10

Obat turun panas/obat pengurang rasa sakit, oralit, talk/bedak cair untuk gatal-gatal, obat maag, obat gosok dan pembalut.

11.

Kartu/buku data kegiatan UKS

1-10

KMS AS/buku catatan pengukuran BB/TB, data hasil pemeriksaan kesehatan, data rujukan kasus, data harian dan bulanan, data kegiatan pembinaan UKS dan data penjaringan kesehatan kelas I.

12.

Bagan struktur organisasi

1-10

Ada, ditempel di dinding.

13.

Papan data kegiatan pelaksanaan UKS

1-10

Ada, ditempel di dinding.

14.

Jumlah program/kegiatan TP-UKS

1-10

Minimal 5 kegiatan.

15.

Kerjasama TP UKS tahun 2012

1-10

TP-UKS bekerjasama dengan komite sekolah, dinas/instansi terkait lainnya (selain SKB 4 menteri) dan dunia usaha (selain industri rokok).

16.

Guru dan atau kepala sekolah yang mengikuti pelatihan UKS

1-10

Minimal 2 orang yang telah ditatar/dilatih UKS.

17.

Pemanfaatan ruang dan fasilitas UKS dalam 1 tahun terakhir

1-10

UKS digunakan sebagai sarana pelayanan dan pembelajaran.

18.

Buku-buku pengetahuan/media pendidikan kesehatan

1-10

Buku pedoman tentang kesehatan, ponter/banner, leaflet/booklet dan lembar balik.

Jumlah F


G. FASILITAS SANITASI

ITEM YANG DI NILAI

SKOR

NILAI YANG DIBERIKAN

KETERANGAN

1.

Air

1-10

Sumber air bersih dari sumur/PAM artetis/gali/ pompa tangan, kualitas dan kuantitas cukup.

2.

Jarak sumber air bersih dari sumur peresapan/septic tank dan sumber pencemaran

1-10

Minimal 10 m/PAM

Sumber pencemaran :

– Penampungan limbah

– penampungan sampah

3.

Kondisi kualitas fisik air

1-10

Tidak berwarna, berbau, dan berasa.

4.

Ketersedian air bersih di sekolah

1-10

Mencukupi untuk seluruh keperluan sekolah.

Jumlah G

 

H. KAMAR MANDI, WC DAN PETURASAN

ITEM YANG DI NILAI

SKOR

NILAI YANG DIBERIKAN

KETERANGAN

1.

Kebersihan dan kerapihan ruangan

1-10

Tidak ada debu, sarang laba-laba, dan sampah, tempat cuci tangan dan peralatan mandi lengkap dan bersih.

2.

Ventilasi

1-10

Luas ventilasi…. 20% dari luas lantai atau pakai AC.

3.

Dinding

1-10

Permukaan dinding rata, bersih, tidak lembab, berwarna terang.

4.

Lantai

1-10

Lantai bersih, mudah dibersihkan, permukaan rata, kedap air, tidak licin, dan terbuat dari bahan yang kuat.

5.

Pencahayaan

1-10

Terang dengan bantuan lampu atau terang alami (biasa membaca dengan jarak 30 cm dari buku, diuji dengan menyalakan lampu.

6.

Bau kamar mandi/WC

1-10

Semua KM/Wc tidak bau.

7.

Penampungan atau bak air pada WC/KM

1-10

Tidak ada jentik dan seluruhnya bersih dan tidak berlumut.

8.

Saluran/tempat penampungan kotoran

1-10

Dialirkan ke septik tank.

9.

WC

1-10

Semua berfungsi

10.

Air pada WC/KM

1-10

Seluruhnya mencukupi

11.

Jentik dilingkungan sekolah (bak mandi, vas bunga,tempat minum burung, dispenser, ember, kaleng bekas, dll)

1-10

Tidak ada jentik

12.

Alat mengambil air/gayung secara umum

1-10

Ada, aman, bersih, tidak membahayakan: tajam, barkarat, berlumut.

13.

Proporsi jumlah WC terhadap siswa perempuan termasuk WC guru

1-10

1 : 20

14.

Proporsi jumlah WC/Urinoir terhadap laki-laki

1-10

1 : 20

15.

Jumlah alat dan bahan pembersih

1-10

Ada 4 macam atau lebih untuk seluruh keperluan WC/KM alat dan bahan pembersih :

– Sikat lantai

– Sapu lantai

– Sabun

– Disinfektan

– Kamper

– Sikat WC

– Termasuk yang ada di gudang

Jumlah H

 

I. PELAKSANAAN TRIAS UKS
  a. Pendidikan Kesehatan

ITEM YANG DINILAI

SKOR

NILAI YANG DIBERIKAN

KETERANGAN

a.

Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja (KKR) dan pendidikan kesehatan lainnya

1-10

Diberikan 8 materi

Materi Pendidikan KKR

– HIV AIDS, IMS, ISR

– Haid, mimpi basah

– Kehamilan, termasuk KTD

– Gizi remaja

– Tumbuh kembang remaja

– Narkoba

– P3K

– Penyakit lainnya (P3P)

– PHBS

b.

Guru yang mengajar pendidikan kesehatan

1-10

Guru penjaskes/guru BK/ dokter/lainnya.

c.

Pendidikan kesehatan yang diberikan di sekolah

1-10

Meliputi 16 indikator PHBS

d.

Peran serta siswa dalam program UKS jenis kegiatan

1-10

Penyuluhan, penjaringan kesehatan/pemeriksaan kesehatan berkala, P3P dan P3K, pengawasan kantin, pemberantasan sarang nyamuk, pemanfaatan kebun sekolah/apotik hidup.

e.

Pemantauan kebugaran jasmani

1-10

Ada kegiatan yang mendukung kesehatan dan kebugaran siswa.

f.

Pendidikan kesehatan terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan perilaku beresiko (bahaya rokok dan narkoba, HIV AIDS, seks bebas, kesehatan reproduksi, dll)

1-10

Ada cukup banyak dan aktif

Jumlah I. 1.

 

 

 

 b. Pelayanan Kesehatan

ITEM YANG DINILAI

SKOR

NILAI YANG DIBERIKAN

KETERANGAN

a.

Penyuluhan kesehatan satu tahun terakhir tahun 2012

1-10

Minimal 10 materi ditambah gigi mulut dan flu baru

Catatan :

Penyuluhan yang dilakukan oleh Puskesmas, BNK, Komite Sekolah

b.

Keterampilan siswa dalam penanganan P3K

1-10

Diperagakan siswa (penanganan)

– Pingsan

– Kecelakaan

– Cedera patah tulang

c.

Keterampilan siswa dalam penanganan P3P

1-10

Diperagakan siswa (penanganan)

– Demam

– Pusing

– Muntah

– Diare

d.

Kegiatan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan berkala siswa

a. Tidak ada

b. Penjaringan kesehatan

c. Pemeriksaan kesehatan berkala

1-10

e.

Kegiatan kader kesehatan remaja termasuk PMR dan konselor sebaya

1-10

Diskusi kelompok tentang Kespro, narkoba, HIV AIDS, DBD, kesling, dll, pendidikan kecakapan hidup sehat, majalah dinding/poster tentang kesehatan remaja.

f.

Siapa saja yang terlibat/ mendukung dalam pelaksanaan BIAS (Bulan Imunisasi Anak)

1-10

Petugas Puskesmas, guru, orang tua/komite sekolah, kader kesehatan remaja.

g.

Apakah ada pemberitahuan kepada murid dan orang tua dari sekolah tentang pelaksanaan BIAS

1-10

Edaran tertulis kepada orang tua

h.

Pelaksanaan program UKGS

1-10

Penyuluhan pemeliharaan kesehatan gigi, perawatan dan pembinaan.

Jumlah I. 2.

  c. Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat

ITEM YANG DINILAI

SKOR

NILAI YANG DIBERIKAN

KETERANGAN

a.

Halaman

1-10

Tidak becek, menjadi tempat bersarang dan berkembangbiaknya serangga /binatang, ada tempat untuk upacara/olah raga/aula, tersedia saluran penuntasan air hujan yang diserap ke dalam tanah atau dialirkan ke saluran umum, bersih.

b.

Tanaman perindang dan tanaman hias

1-10

Tanaman perindang minimal 2, tanaman hias beragam minimal 10 jenis, tanaman hias tertata rapi, tanaman tidak membahayakan.

c.

Kebun sekolah/apotik hidup

1-10

Terdapat beragam minimal 7 jenis, tertata rapi, diberi label/nama, dan dimanfaatkan.

d.

Pagar

1-10

Pagar terawatt dengan baik, bersih, aman bagi warga sekolah, dan berfungsi sebagai pelindung.

e.

Penerapan kawasan tanpa rokok di sekolah

1-10

Ada himbauan tertulis/ pointer/stiker/spanduk, dan kebijakan dari kepala sekolah tentang rokok.

f.

Kegiatan pemberantasan jentik dan sarang nyamuk

1-10

PSN dilaksanakan seminggu min 1 kali.

g.

Suasana lingkungan sekolah, lokasi/letak sekolah

1-10

Nyaman, asri, dan teduh.

Jumlah I. 3.

 

 

 

 

Komentar